Terima Kasih atas kunjungan anda di Aplikasisukasuka, semua Aplikasi yang kami buat 100% buatan sendiri dan tidak dijual ditempat lain, Semua aplikasi ini bisa anda modifikasi lebih lanjut

Tips Menggunakan Aplikasi Excel Pencatatan Usaha Toko Pakaian Versi 2013

Posted by

Sehubungan dengan banyaknya pertanyaan dalam menggunakan aplikasi ini, maka penulis rangkum menjadi beberapa hal berikut ini :
  1. Untuk mengisi data barang pertama kali cukup di sheet Data Barang, baik penambahan ataupun pengurangan data.
  2. Di Sheet lain data barang akan muncul secara otomatis.
  3. Dalam mengisi Sheet Pembelian Barang untuk Data barang yang sama tetapi ternyata HPP nya berbeda maka disarankan data tersebut menjadi data tersendiri dan dicatat sebagai data baru di sheet Data Barang, contoh Baju Anak A pembelian tanggal 1/1/13 HPP nya adalah Rp. 17.000,- lalu pada tanggal 5/1/13 terjadi pembelian barang untuk Baju yang sama (Baju anak A) tetapi HPP nya berbeda yaitu sebesar RP. 15.000,- maka untuk barang yang HPP nya berbeda tersebut haruslah dicatat terpisah menjadi nama barang tersendiri misalkan menjadi Baju Anak A1.
  4. Sangat disarankan agar sheet Dashboard selalu terproteksi untuk mencegah kelalaian dalam penggunaan aplikasi.
  5. Segala transaksi penjualan hanya tercatat di Sheet Penjualan.
  6. Dalam mengisi data Penjualan barang jika untuk setiap ukurannya berbeda harga cukup isi jumlah barang terjual dan harga jualnnya karena HPP akan dengan sendiri terdeteksi oleh rumus yang sudah dibuat, tentunya HPP untuk barang yang sama nilainyapun sama.
  7. Sheet Pengambilan Uang ditujukan untuk pengambilan uang keuntungan ataupun uang kas perusahaan dan jangan lupa untuk memasukkan nama Bank (khusus berbayar) jika melakukan pengambilan uang tersebut, contoh pengambilan uang pribadi sekalian berbelanja di Indomart dengan menggunakan ATM BCA maka yang ditulis adalah BCA.
  8. Dari rumus yang dibuat untuk membaca data Penjualan dan Pembelian yang terdapat di Sheet Dashboard, penulis memasukkan jumlah data yang bisa dibaca sebanyak 20.000 colom data yang bisa dibaca dan apabilan ternyata transaksi lebih dari jumlah tersebut caranya simple, cukup edit rumus bagian atasnya per setiap ukuran dan ubah data 20.000 bisa dengan 50.000 artinya rumusnya akan terbaca sampai dengan kolom 50.000
Untuk sementara cukup sekian dulu, dan tips ini akan terus berkembang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh setiap user/pengguna.

Salam


Blog, Updated at: 19.33

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami, berkomentarlah yang sopan dan melarang keras komentar yang memberikan tautan-tautan tidak pantas.